Tuesday, 26 March 2013

Seorang visioner, seorang petani - dan desa yang sehat: bagaimana Galung mengakhiri buang air besar (BAB) sembarangan


Meskipun berlokasi hanya 17 kilometer dari ibu kota kabupaten, Galung adalah desa yang belum berkembang di Kecamatan Barru, di Provinsi Sulawesi Selatan.


Jamban sederhana yang dibuat di Desa Galung
© UNICEF Indonesia / Gerber
140 dari 484 rumah tangga di desa ini sudah lama tidak memiliki akses kepada jamban yang layak, meskipun telah dilakukan upaya untuk mempromosikan kesehatan yang lebih baik. Namun, permintaan untuk sanitasi yang layak semakin tinggi, terutama disebabkan oleh frustrasi terhadap rendahnya penghasilan dibandingkan pembangunan jamban. Terlepas dari tantangan itu, Galung baru saja dinyatakan sebagai desa pertama di kabupaten yang terbebas dari BAB di tempat terbuka. 

Faktor utama keberhasilan ini adalah karena kepala desa yang sangat peduli akan sanitasi, dan adanya seorang pengusaha / pengrajin desa yang kreatif dan bisa membangun jamban yang murah.

Friday, 8 March 2013

Imunisasi untuk semua anak

Febri baru saja menerima dosis ketiga vaksin DPT di Posyandu Nusa
© UNICEF/2012/Gerber
Meskipun hujan turun di pagi hari di desa Nusa di Kabupaten Aceh Besar, sudut paling barat Provinsi Aceh di Indonesia, hal ini tidak mencegah para ibu dari membawa anak-anak mereka ke Posyandu setempat. Karena bangunan itu tidak dapat menampung terlalu banyak orang, Bidan Khairiah dan kader-kader yang membantunya menyambut para ibu dan anak-anak di teras depan, di mana mereka dengan sabar menunggu giliran masing-masing.